Jihad Menegakkan Tauhid & Membela Sunnah

Icon

“Sesungguhnya telah ada suri tauladan yang baik bagimu pada Ibrahim dan orang-orang yang bersama dengan dia; ketika mereka berkata kepada kaum mereka: “Sesungguhnya kami berlepas diri daripada kamu dan daripada apa yang kamu sembah selain Allah, kami ingkari (kekafiran)mu dan telah nyata antara kami dan kamu permusuhan dan kebencian buat selama-lamanya sampai kamu beriman kepada Allah saja…” (Al-Mumtahanah: 4)

Seri – 4 (Siapakah THAGHUT…?)

(Seri – 4)

Siapakah Thaghut…?

   

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Thaghut adalah segala yang dilampaui batasnya oleh hamba, baik itu yang diikuti atau ditaati atau diibadati. Thaghut itu banyak, apalagi pada masa sekarang. Adapun pentolan-pentolan thaghut itu ada 5, di antaranya:

1.   Syaithan

Syaitan yang mengajak ibadah kepada selain Allah. Adapun tentang makna ibadah tersebut dan macam-macamnya telah anda pahami dalam uraian sebelumnya. Syaitan ada dua macam: Syaitan Jin dan Syaitan Manusia. Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

وَكَذَلِكَ جَعَلْنَا لِكُلِّ نَبِيٍّ عَدُوًّا شَيَاطِينَ الإنْسِ وَالْجِنِّ

“Dan begitulah Kami jadikan bagi tiap nabi musuhnya yang terdiri dari syaitan-syaitan manusia  dan jin”  (QS. Al An’am [6]: 112)

Dan firman-Nya Subhanahu Wa Ta’ala:

الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ (٥) مِنَ الْجِنَّةِ وَ النَّاسِ

“Yang membisikkan kedalam  dada-dada manusia, dari golongn jin dan manusia” (QS. An Naas [114]: 5-6)

Orang mengajak untuk mempertahankan tradisi tumbal dan sesajen, dia adalah syaitan manusia yang mengajak ibadah kepada selain Allah.

Tokoh yang mengajak minta-minta kepada orang yang sudah mati adalah syaitan manusia dan dia adalah salah satu pentolan thaghut.

Orang yang mengajak pada system demokrasi adalah syaitan yang mengajak ibadah kepada selain Allah, dia berarti termasuk thaghut.

Orang yang mengajak menegakkan hukum perundang-undangan buatan manusia, maka dia adalah syaitan yang mengajak beribadah kepada selain Allah.

Orang yang mengajak kepada paham-paham syirik (seperti: sosialis, kapitalis, liberalis, dan falsafah syirik lainnya), maka dia adalah syaitan yang mengajak beribadah kepada selain Allah, sedangkan Dia Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

أَلَمْ أَعْهَدْ إِلَيْكُمْ يَا بَنِي آدَمَ أَنْ لا تَعْبُدُوا الشَّيْطَانَ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُبِينٌ

“Bukankan Aku memerintahkan kalian wahai anak-anak Adam: “Janganlah ibadati syaitan, sesungguhnya ia adalah musuh yang nyata bagi kalian” (QS. Yaasin [36]: 60)

2.   Penguasa Yang Zhalim

Penguasa zhalim yang merubah aturan-aturan (hukum) Allah, thaghut semacam ini adalah banyak sekali dan sudah bersifat lembaga resmi pemerintahan negara-negara pada umumnya di zaman sekarang ini. Contohnya tidaklah jauh seperti parlemen, lembaga inilah yang memegang kedaulatan dan wewenang pembuatan hukum/undang-undang. Lembaga ini akan membuat hukum atau tidak, dan baik hukum yang digulirkan itu seperti hukum Islam atau menyelisihinya maka tetap saja lembaga berikut anggota-anggotanya ini adalah thaghut, meskipun sebahagiannya mengaku memperjuangkan syari’at Islam. Begitu juga Presiden/ Raja/Emir atau para bawahannya yang suka membuat SK atau TAP yang menyelisihi aturan Allah, mereka itu adalah thaghut.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata: “Di kala seseorang menghalalkan yang haram yang telah diijmakan atau merubah aturan yang sudah diijmakan, maka dia kafir lagi murtad dengan kesepakatan para fuqaha”  (Majmu Al Fatawa)

Ketahuilah wahai saudaraku, sesungguhnya para anggota parlemen itu adalah thaghut, tidak peduli darimana saja asal kelompok atau partainya. Presiden dan para pembantunya, seperti menteri-menteri di negara yang bersistem syirik adalah thaghut, sedangkan para aparat keamanannya adalah sadanah (juru kunci) thaghut apapun status kepercayaan yang mereka klaim.

Orang-orang yang berjanji setia pada system syirik dan hukum thaghut adalah budak-budak (penyembah/hamba) thaghut. Orang yang mengadukan perkaranya kepada pengadilan thaghut disebut orang yang berhukum kepada thaghut, sebagaimana firman-Nya Subhanahu Wa Ta’ala:

أَلَمْ تَرَ إِلَى الَّذِينَ يَزْعُمُونَ أَنَّهُمْ آمَنُوا بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْكَ وَمَا أُنْزِلَ مِنْ قَبْلِكَ يُرِيدُونَ أَنْ يَتَحَاكَمُوا إِلَى الطَّاغُوتِ وَقَدْ أُمِرُوا أَنْ يَكْفُرُوا بِهِ

“Apakah engkau tidak melihat kepada orang-orang yang mengaku beriman kepada apa yang telah diturunkan kepadamu dan apa yang dturunkan sebelum kamu, sedangkan mereka hendak berhukum kepada thaghut, padahal mereka telah diperintahkan untuk kafir terhadapnya” (QS. An Nisaa’ [4]: 60)

3.  Orang yang memutuskan dengan selain apa yang telah Allah turunkan.

Kepala suku dan kepala adat yang memutuskan perkara dengan hukum adat adalah kafir dan termasuk thaghut. Jaksa dan Hakim yang memvonis bukan dengan hukum Allah, tetapi berdasarkan hukum/undang-undang buatan manusia, maka sesungguhnya dia itu Thaghut. Aparat  dan pejabat yang memutuskan perkara berdasarkan Undang Undang Dasar thaghut adalah thagut juga. Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

وَمَنْ لَمْ يَحْكُمْ بِمَا أَنْزَلَ اللَّهُ فَأُولَئِكَ هُمُ الْكَافِرُونَ

“Dan siapa saja yang tidak memutuskan dengan apa yang Allah turunkan, maka merekalah orang-orang kafir itu” (QS. Al Maidah [5]: 44)

Imam Ibnu Katsir rahimahullah berkata: “Siapa yang meninggalkan aturan baku yang diturunkan kepada Muhammad Ibnu Abdillah penutup para nabi dan dia justru merujuk pada aturan-aturan (hukum) yang sudah dinasakh (dihapus), maka dia telah kafir. Apa gerangan dengan orang yang merujuk hukum Ilyasa (Yasiq) dan lebih mendahulukannya daripada aturan Muhammad maka dia kafir berdasarkan ijma kaum muslimin” (Al Bidayah: 13/119).

Sedangkan Ilyasa (Yasiq) adalah hukum buatan Jengis Khan yang berisi campuran hukum dari Taurat, Injil, Al Qur’an.

Orang yang lebih mendahulukan hukum buatan manusia dan adat daripada aturan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam maka dia itu kafir.

Dalam ajaran Tauhid, seseorang lebih baik hilang jiwa dan hartanya daripada dia mengajukan perkaranya kepada hukum thaghut, Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

وَالْفِتْنَةُ أَشَدُّ مِنَ الْقَتْلِ

“Fitnah (syirik & kekafiran) itu lebih dahsyat dari pembunuhan” (QS. Al Baqarah [2]: 191)

Syaikh Sulaiman Ibnu Sahman rahimahullah berkata: “Seandainya penduduk desa dan penduduk kota perang saudara hingga semua jiwa musnah, tentu itu lebih ringan daripada mereka mengangkat thaghut di bumi ini yang memutuskan (persengketaan mereka itu) dengan selain Syari’at Allah” (Ad Durar As Saniyyah: 10 Bahasan Thaghut)

Bila kita mengaitkan ini dengan realita kehidupan, ternyata umumnya manusia menjadi hamba thaghut dan berlomba-lomba meraih perbudakan ini. Mereka rela mengeluarkan biaya berapa saja (berkolusi; menyogok/risywah) untuk menjadi Abdi Negara dalam sistem thaghut, mereka mukmin kepada thaghut dan kafir terhadap Allah. Sungguh buruklah status mereka ini…!!

4.  Orang yang mengaku mengetahui hal yang ghaib selain Allah.

Semua yang ghaib hanya ada di Tangan Allah, Dia Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

عَالِمُ الْغَيْبِ فَلا يُظْهِرُ عَلَى غَيْبِهِ أَحَدًا

“Dialah Dzat yang mengetahui hal yang ghaib, tetapi Dia tidak menampakan yang ghaib itu kepada seorangpun” (QS. Al Jin [72]: 26)

Bila ada orang yang mengaku mengetahui hal yang ghaib, maka dia adalah thaghut, seperti dukun, paranormal, tukang ramal, tukang tenung, dsb. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah menjelaskan bahwa orang yang mendatangi dukun atau tukang ramal dan dia mempercayainya, maka dia telah kafir, dan maka apa gerangan dengan status si dukunnya itu sendiri…?! tentu lebih kafir lagi…

5. Orang yang diibadati selain allah dan dia ridha dengan peribadatan itu.

Orang yang senang bila dikultuskan, sungguh dia adalah thaghut. Orang yang membuat aturan yang menyelisihi aturan Allah dan Rasul-Nya adalah thaghut.

Orang yang mengatakan “Saya adalah anggota badan legislatif” adalah sama dengan ucapan: “Saya adalah Tuhan”, karena orang-orang di badan legislatif itu sudah  merampas hak khusus Allah Subhanahu Wa Ta’ala, yaitu hak membuat hukum (undang-undang). Mereka senang bila hukum yang mereka gulirkan itu ditaati lagi dilaksanakan, maka mereka adalah thaghut. Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

وَمَنْ يَقُلْ مِنْهُمْ إِنِّي إِلَهٌ مِنْ دُونِهِ فَذَلِكَ نَجْزِيهِ جَهَنَّمَ كَذَلِكَ نَجْزِي الظَّالِمِينَ

“Dan barang siapa yang mengatakan di antara mereka; “Sesungguhnya Aku adalah Tuhan selain Allah” maka Kami membalas dia dengan Jahannam, begitulah Kami membalas orang-orang yang zalim” (QS. Al Anbiya [21]: 29)

Itulah tokoh-tokoh thaghut di dunia ini…

Orang tidak dikatakan beriman kepada Allah sehingga dia kufur kepada thaghut, kufur kepada thaghut adalah separuh Laa ilaaha ilallaah. Thaghut yang paling berbahaya pada masa sekarang adalah thaghut hukum, yaitu para penguasa yang MEMBABAT aturan Allah, mereka menindas umat ini dengan besi dan api, mereka paksakan kehendaknya, mereka membunuh, menculik, dan memenjarakan kaum muwahhidin yang menolak tunduk kepada hukum mereka. Akan tetapi anehnya banyak orang yang mengaku beragama Islam berlomba-lomba untuk menjadi budak dan hamba mereka. Mereka juga memiliki ulama-ulama jahat yang siap mengabdikan lisan dan pena demi kepentingan tuhan mereka.

Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala cepat membersihkan negeri kaum muslimin dari para thaghut dan kaki tangannya, Aamiin ya Rabbal ‘aalamiin[1]


[1] (Tulisan ini merupakan syarah/penjelasan singkat dari Risalah fie Ma’na Thaghut karya Al-Imam Al-Mujaddid Syaikh Muhammad ibnu ‘Abdil Wahhab rahimahullah , ed.)

51 Responses

  1. rahardian says:

    Assalamualaykum…
    Akh mau tanya.
    Apakah organisasi itu bisa termasuk thaghut?

  2. Admin says:

    @ rahardian

    Wa’alaikumussalam

    Berdasarkan dengan definisi thaghut di atas “segala yang dilampaui batasnya oleh hamba, baik itu yang diikuti atau ditaati atau diibadati”, maka organisasi yang merupakan sekumpulan para hamba jika melampaui batasnya bisa menjadi thaghut.

    Jika para anggota organisasi lebih mementingkan dan mendahulukan organisasinya daripada ketaatan dan ibadah kepada Allah maka organisasi tersebut telah menjadi thaghut bagi para anggotanya.

    Wallahu A’lam

  3. Kevin.abdullah.m says:

    Semoga akan cepat musnah syari’at-syari’at thoghut di muka bumi allah ini dan terwujudlah syari’at islam yang kaaffah.amin.

  4. abo hanzala says:

    akhi bagaimana memahami hadis yang mengatakan walau diperintah penguasa zolim sekalipun kita di cambuk harus tetap patuh?? mohon penjelasan..

  5. Admin says:

    @ abo hanzala

    Makna penguasa dzalim dalam hadits tersebut harus dipahami sebagai “PENGUASA MUSLIM” yang manjadikan dasar negara dan seluruh hukumnya SYARIAT ISLAM namun dia berprilaku DZALIM yang bukan KEKUFURAN YANG NYATA.

    Untuk lebih jelasnya siapa dan bagaiman penguasa muslim itu silakan antum lihat Seri Materi Tauhid No. 12 ,Siapa Ulil Amri Itu…?

    Wallahu A’lam

    Barakallaahu Fik

  6. rickyfirman says:

    Assalamu ‘alaikum…
    Jika ada seorang/sekelompok orang mengadakan sesajen berarti dia toghut. Bagaimanakah hukum orang yang memakan sesajen tsb? Apakah dia pengikut thogut?
    Dan jika pemerintahan demokrasi menerbitkan uang, yang di dalam tersebut ada lambang thogut berupa ‘Logo Pancasila’, apakah setiap warga yang menggunakan uang tersebut adalah pengikut thogut? Bila wordpress ini adalah milik orang2 kafir yang bermusuhan dengan Islam, apakah setiap penggunanya adalah pengikut setan-setan kafir?
    Syukron
    rickyfirman

  7. Fahrul says:

    Assalamu ‘alaikum
    Wahai saudaraku bertaubatlah kpd Allah kalian telah berhaluan Khawarij seperti melemahkan atsar Ibnu Abbas dan mudah mengafirkan Pemimpin tanpa diklasifikasi dan tidak memperhatikan kaidah2 takfir. Apabila mau berdiskusi dgn saya melalui fprayudi@rocketmail.com

  8. awwam says:

    untuk admin mohon dijawab pertanyaan dari saudara rickyfirman, kebetulan saya memiliki pertanyaan seperti itu pula…

  9. Zulkiply says:

    merinding saya membaca ini..
    terima kasih ustadz, atas tausiahnya

  10. abu sthabita says:

    @fachrul
    kamu tahu gak kami tak pernah megkafirkan setiap pelaku dosa besar, karena itu manhaj nya hawarij dan yg dikafirkan adalah pelaku syrik jadi antum harus nyambung dong ilmu nya.
    memang antum dasar taqlik dan murjiah kontemporer, yng membiakan saudara muslim dibantai dan yang mencaci mujahidin tekutuklah kamu tapi ana harapkan antum tobat sebelum mati, capek deh berhadapan dengan manusia seperti kamu
    tasub, dhallah dan taqlik buta, tau mau baca realita semga atum tobat amin

  11. abu sthabita says:

    @ facrul
    kalau mau dialog dengan hakim abdat ya jangan di krukut itu mesjid kecil, di istiqlal aja kami mau agar tampak borok2 murjiah beliau, kalau perlu ikutkan yazid abdul kadir jawas juga, dulu dua orang doktor murid shaikh ustaimin udah pernah dialog dengan ustad aman di di sukabumi, jabar, dan hujjah 2 doktor itu tak mampu untuk merubah pendirian tauhid nya ustad aman. apalagi ustd hakim yg antm maksud, pengusung dakwah murjiah, salafi kerajaan arab saudi dan yordania, antek2 para murjiah mderen. banyak nya murid bukannya menunjukkan kan kebenaran, orang parte lebih banyak dari kalian apa dia benar ? kalian tak ikut pemilu, tapi sewaktu amirnya udah jadi kalian jadikan amir kaum muslimin, yang diusungnnya hukum manusia, cara pemilihan banyak tipu daya dan hura2, muthu bighAizikumm makan oleh kamu amir kamu itu dan kami, amir Kami adalah manusia yg Takut hanya pada ALLAH SWT SAJA SEKIAN

  12. Iqraku says:

    Bismillah..

  13. [...] thaghut itu? Apa kita sudah tahu apa thaghut, yang mana Allah Ta’ala memerintahkan kita untuk menjauhinya? Dimana keimanan kepada Allah tidak [...]

  14. joni error says:

    intenet ini produk thogut…duit yang kita pakai produk thogut..dolar yang dipakai keluarag al saud produk thogut,keluarga al saud beli club bola yang pasti thogut..ga jelas neh orang….yang nulis…

  15. joni error says:

    assalamualaikum ya ahli kubur
    yang jadi pertanyaan adakah di dunia ini ada negara yang benar2 tidak menyembah thogut? menjalankan syariat dengan sebenar2nya? tidak memakai system thogut?

  16. im4ndhe says:

    @joni error
    ana saranin antum baca dulu seri materi tauhid secara seksama, pahami…dengan pikiran yang jernih

  17. APA says:

    Yah pak…..ngomong dong ke pemerintah…bapak kan tahu ilmunya…..jangan cuma di website doang…..brani apa kaga….???

  18. fa'i says:

    @Apa: saya saranin anda ngaji dulu dengan ikhlas & pelajari serta pahami dengan seksama materi2 tauhid, apalagi dalam blog ini juga sudah dijelaskan secara baik koq. kalo anda mau mempelajari dari blog ini ya yg urut dunx biar ga miskom & ga separo2 ilmu yg anda dapet.
    Terkait dengan tulisan anda yg di atas, saya kira pemerintah tu ngga kurang2 yg ngingetin, udah banyak kali… lagi pula setau saya, orang2 yg ada dalam pemerintahan tu bukan orang2 yg “ga punya ilmunya” koq…
    Walohu a’lam

  19. APA says:

    pa fa’i ……emang anda sudah ngaji dan belajar ilmu dengan penuh (ga separo-paro gitu…??)

    artinya anda sudah mengetahui agama ini dengan sempurna (al qur’an dan hadist…??)

    {saya kira pemerintah tu ngga kurang2 yg ngingetin, udah banyak kali) anda kira…artinya belum pastikan…baru kira…iya ngga….??

    lha kok baru kira aja udah ngoceh…piye tho mas

  20. Moeslim85 says:

    Wahai umat sadarillah Rosullulloh waktu dulu mengajarkan kepadat umat yang mungkin belum tersampaikan masalah tauhid,beliau Rosulillah Sholallahu’alaihi wasallam sangatlah berlemah lembut kepadanya,di caci,di maki,bahkan sampai di ludahi,namun ketika suatu waktu orang yang biasa meludahi itu tidak di lihat oleh Rosulillah Sholallahu’alaihi wasallam,dan ternyata dia sedang sakit dan dengan penuh kerendahan diri Rosulillah Sholallahu’alaihi wasallam menjenguknya,tiba akhirnya si yang tadinya sering meludahi beliau berfikir “Apakah buruk yang di ajarkankanya”sedangkan sewaktu dia di ludahi beliau hanya tersenyum,bahkan pula malah sewaktu si peludahsakit Rosulillah Sholallahu’alaihi wasallam malah menjenguknya,

    Inilah saudaraku betapa Rosulullah Sholallahu’alaihi wasallam itu seorang yang paling bijaksana,paling sabar dalam menanggapi perilaku umat yang mungkin masih jahil/taqlid akan ilmu Dien yang haq ini,Alangkah lebih baiknya bila kita ikuti cara dakwahnya,mari kita sama-sama atur strategi bagaimana dakwah At-Tauhid ini dapat dengan mudah di terima oleh orang yang mungkin masih taqliq/jahil karena memang Allah belum membukakan pintu hidayah kepada mereka.

    kita lihat ternyata medan dakwah kita masih banyak orang yang belum mengerti akan apa makna ibadah,apa makna tuhan,apa makna thogut,
    saudaraku alangkah lebih baiknya bila kita gunakan hati&kasih sayang kita untuk dapat menyampaikannya.agar dengan perlahan mereka menyadari ternyata islam tidak hanya sebatas sholat,zakat,puasa,haji.sudah banyak ya ikhwan yang mendakwahkan seperti itu,tapi dakwah At-Tauhid hanyalah seberapa gelintir sajayang berani mendakwahkannya.karena memang konsekuensinya akan seperti hal koment-koment di atas,itu sudah pasti.dan sunnatullah akan terjadi.jadi jangan heran ya ikhwan bila kita akan di caci,di maki sebagaimana dulu waktu rosulullah mengenalkan agama yang di bawanya.setidaknya bila memang telah dakwah kita sampaikan dan mereka masih dalam kemusrikan tunggulah saatnya sampai Allah azza wa jalla menetapkan ketetapan-Nya.dan inilah ladang amal kita untuk jannah-NYA wallahu’alam bi showab.

  21. [...] thaghut itu? Apa kita sudah tahu apa thaghut, yang mana Allah Ta’ala memerintahkan kita untuk menjauhinya? Dimana keimanan kepada Allah tidak [...]

  22. umarhadid says:

    @rickyfirman :
    – memakan sesajen yang disembelih untuk selain Allah hukumnya haram, berdasar firman Allah ; ….wa maa uhilla li ghoirillah.. (… dan apa-apa yang disembelih untuk selain Allah…).
    – Rosulullah dan para shahabat memakai uang dinar Romawi dan dirham Persia sebagai mata uang sebelum kaum muslimin mencetak uang dinar sendiri pada masa Khalifah Ali bin Abi Thalib, yang kadarnya sama dengan dinar & dirham Romawi & Persia. Jadi apakah Rosul dan para Shahabat dikatakan pengikut Thoghut??
    Bukan itu saja, Rosul dan Para Shahabat juga memakai baju perang, senjata2 buatan orang Musyrik, Romawi, Persia untuk berperang. Apakah mereka disebut pengikut musyrikin, Romawi , Persia??
    Tentu harus dipilah dan dibedakan, apa produk orang kafir/thoghut tersebut, mana yang boleh kita manfaatkan dan mana yang tidak boleh, semuanya kembali kepada hukum syar’ie. Wallahu a’lam.

  23. abdullah says:

    @APA
    Memang benar sudah pernah ada seorang ustadz yang menasehati pemerintah NKRI (neg kafir rep ind), dan jawabannya adalah dia tau bahwa wajib berhukum dg hukum Allah, tp yang lebih baik diterapkan adalah yang sesuai dengan konsensus manusia/rakyat (kalau rakyat menghendaki hukum Allah ditegakkan maka akan ditegakkan tp jika rakyat tidak menghendaki hukum Allah ditegakkan maka yang lebih baik ditegakkan adalah UUD 1945 dan pancasila)…padahal antum tau sendiri bagaimana kondisi rakyat indonesia yang pluralis…Nah lo…! itu artinya sama dengan presiden telah menuhankan demokrasi….selain itu presiden juga hobby melakukan kesyirikan seperti “praktek klenik” sebelum pilpres agar menang, dan melakukan “ruwatan” selama pemerintahannya agar tidak ditimpa bencana.

  24. mujahid says:

    orang yang layak untuk disebut sebagai thaghut adalah dalam tiga keadaan:

    [1] Apabila dia meyakini bahwa berhukum dengan selain hukum Allah -yang bertentangan dengan hukum Allah- itu boleh, seperti contohnya: meyakini bahwa zina dan khamr itu halal.

    [2] Apabila dia meyakini bahwa selain hukum Allah itu sama saja (sama baiknya) dengan hukum Allah.

    [3] Apabila dia meyakini bahwa selain hukum Allah lebih bagus daripada hukum Allah.

    ==============================
    Admin:

    Yang anda sebutkan itu adalah pembatal keislaman bukan kelayakan disebut thoghut.
    Yang anda sebutkan ada dalam kitab nawaqidlul Islam karya syaikh Muhammad ibnu Abdul Wahhab
    Untuk mengetahui siapa saja yang layak disebut thoghut, (sesuai ciri2nya dengan ciri2 thoghut), coba anda baca tulisan beliau rahimahulloh juga dalam Risalah fi ma’na ath thoghut.

    Hadakalloh

  25. alchaedar says:

    Huft…ana pernah jumpai blog yg seperti ini, namun sepertinya hanya hoax tanpa penjelasan ketika ana tanya. Kira2 pertanyaanya, apakah sby dan semua perangkatnya kafir? Mohon penjelasan dari blog ini. Apakah hanya hoax…afwan jazakalloh!
    ======================
    Admin:

    Kalau anda ingin penjelasan, silahkan baca seri materi tauhid yang ada di blog ini secara berurutan, Insya Allah menjelaskan secara gamblang dengan berdasar dalil. Jika anda sudah memahaminya, maka pertanyaan anda akan terjawab dengan sendirinya.

    http://millahibrahim.wordpress.com/seri-materi-tauhid/

    Hadakalloh

  26. [...] thaghut itu? Apa kita sudah tahu apa thaghut, yang mana Allah Ta’ala memerintahkan kita untuk menjauhinya? Dimana keimanan kepada Allah tidak [...]

  27. [...] Seri – 4 (Siapakah Thaghut…?) [...]

  28. Kodens says:

    menurut saya dan apa yang saya baca dan saya pahami dalam Al-Qur’an bahwa Allah memerintahkan kita untuk menjauhi thaghut itu…. kan yang jadi permasalahan Kriteria thagut menurut pemikiran kita, siapa siapa sih thaghut itu ?? nah menurut pemikiran saya sih boleh dikatakan bahwa thaghut itu adalah “penguasa/kekuasaan Dzalim” kita tidak berbicara di indonesia tapi didunia… nah lah wong Bumi Ini Milik Allah dan dan DIA Ciptakan manusia pun untuk beribadah kepada NYA (aspek Ibadah itu luas ya tidak sebatas ritual sehari2 yang kita laksanakan) dan yang utama Allah menginginkan agar kekuasaan NYA tegak di muka bumi.. dalam bentuk kita beribadah kepada NYA dengan Ketaatan yang Yang Mutlak.. nah kalau kita maknai taat kepada Allah bentuk nya seperti apa sih ?? ini yang menjadi masalah..timbulah selisih paham antar umat manusia, bahkan didalam islam sendiri banyak sendiri penafsiran yang berbeda2… jadi kembali lagi kalau kita menyakini Al-Qur’an adalah tuntunan/pedoman yang Allah turunkan buat kita maka dengan suka maupun tidak suka kita wajib menjalankan, mengamalkan serta menegakannya.. karna Al’Qur’an Murni Firman Allah yang dijamin kemurnian nya sampai akhir zaman… buku2/tafsir2/hadist2/fatwa2 baru selama tidak bertentangan dengan isi yang terkandung dalam Al’Qur’an boleh kita jadikan sebagai bahan ilmu tambahan… tetap yang utama Adalah Kitab suci Al’Qur’an.. ” Sesungguhnya Sebaik2nya Perkataan adalah Perkataan KU ” jadi selain perkataan Allah belum tentu baik dan terbukti kebenarannya… itu saja dari Saya.. toh Ketetapan Allah Tidak Akan berubah sampai akhir zaman Mana yang Hak dan yang Bathil itu akan akan selalu berbeda Dimata Allah… kalau bagi manusia masih campur aduk bahkan tidak mengetahui mana yang dan mana yang bathil…. Assalamualaikum Wr.Wb..

    – “ya Allah Mohon dimaafkan bila ada salah Kata/ucap kepada saudara2 muslim kami lainnya ” amien ya rabbalallamin…

  29. Perahu says:

    Bagaimana membantah syubhat berikut:

    “Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah ketika menjelaskan isi Kitab at-Tauhid: Yang dimaksud dengan berhukum dengan selain hukum Allah yang dihukumi kafir dan murtad -sehingga layak untuk disebut sebagai thaghut- adalah dalam tiga keadaan:

    [1] Apabila dia meyakini bahwa berhukum dengan selain hukum Allah -yang bertentangan dengan hukum Allah- itu boleh, seperti contohnya: meyakini bahwa zina dan khamr itu halal.

    [2] Apabila dia meyakini bahwa selain hukum Allah itu sama saja (sama baiknya) dengan hukum Allah.

    [3] Apabila dia meyakini bahwa selain hukum Allah lebih bagus daripada hukum Allah. Lalu, dia bisa dihukumi zalim -yang tidak sampai kafir- apabila dia masih meyakini hukum Allah lebih bagus dan wajib diterapkan namun karena kebenciannya kepada orang yang menjadi objek hukum maka dia pun menerapkan selain hukum Allah.
    ============================
    Admin:

    Ambillah ucapan ulama yang berpegang teguh kepada Al Qur’an & As Sunnah sesuai dengan pemahaman para sahabat & ulama as salaf ash sholih dan dia itu mengeluarkan pendapat yang dirinya itu aman daripada fitnah tentang masalah itu.

    Apakah anda akan mengambil pendapat tentang definisi penjahat dari seorang yang perutnya diisi oleh hasil yang diberikan oleh penjahat??!

    Begitu pula apakah anda menerima definisi thoghut dari orang yang digaji oleh thoghut & makmur darinya??!

    Apakah anda yakin bahwa dia akan jujur menjelaskan tanpa ada yang ditutupi atau malah dipelintir dari yang sebenarnya?

    Rasululloh mewanti2 tentang fitnah ulama yang dekat dengan penguasa, ini adalah tentang dekat dengan penguasa muslim, lalu bagaimana dengan penguasa thoghut??!

    Wallohu a’lam

  30. Layar says:

    Assalamu`alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    1. Mohon penjelasan bagaimana cara menjauhi thaghut beserta dalilnya

    2. Mengapa jihad (memerangi musuh2 Islam) tidak dimasukkan dalam rukun Islam? atau Apakah perintah jihad sudah tersirat dalam satu satu rukun Islam?

    terimaksih sebelumnya atas jawabannya :)
    Wassalam.

  31. Layar says:

    koreksi pertanyaan ke-2, tertulis “satu satu” seharusnya “salah satu”

    3. Apakah perbedaan Millah Ibrahim dengan LDII, mohon penjelasannya dengan detail agar dapat disampaikan kembali sebagai hujjah yang terang dan tuntas? atau MI dan LDII sama? :D

  32. aboem4r says:

    @ layar

    Tadinya saya mengira kalau anda adalah orang yang tidak bodoh, hanya terkena syubhat maz’um karena komentar anda sebelum2nya yang mengutip perkataan syaikh2 saudi. Tapi dari komentar di atas ini, terlihatlah kebodohan anda.

    1. Dari pertanyaan no 1 ini, membuktikan bahwa selama ini anda memberikan komentar2 di blog ini tanpa membaca terlebih dahulu makalah2 di dalamnya, saya jadi meragukan niat anda apakah ingin mencari kebenaran atau sekedar ingin menyerang.
    Jawaban dari pertanyaan itu dijabarkan hampir di seluruh makalah di blog ini, diantaranya di:

    http://millahibrahim.wordpress.com/2009/12/16/al-urwah-al-wutsqa/

    2. Pertanyaan anda di no ini memperlihatkan kebodohan yang keterlaluan, tidak ada satu orang islampun yang pernah menanyakan hal ini (mengapa jihad tidak diamsukkan ke dalam rukun islam.
    Al Qur’an menjelaskan perintah2 jihad fi sabilillah dan juga ancaman2 bagi yang meninggalkannya.
    Rasululloh Sholallohu ‘alaihi wa sallam menjelaskan kepada sahabat Muadz ibn Jabal Radliallohu ‘anhu: “Maukah bila aku beritahukan kepadamu pokok dari segala urusan, tiangnya dan puncaknya?” Aku menjawab : “Ya, wahai Rasulullah”. Rasulullah bersabda : “Pokok amal adalah Islam, tiang-tiangnya adalah shalat, dan puncaknya adalah jihad”. (HR At Tirmidzi).
    Tak ada guna sholat & jihad tanpa Islam (laa ilaha illalloh, yakfur bith thoghut wa yu’min billah), dan Jihad fi sabilillah adalah puncak dari segala urusan.

    3. Pertanyaan no 3 ini menggabungkan antara kemalasan anda membaca makalah2 di blog ini dengan kebodohan anda.
    Millah Ibrahim adalah ajaran Islam, orang yang membencinya berarti telah membodohi dirinya sendiri:
    “Dan tidak ada yang benci kepada Millah Ibrahim, melainkan orang yang memperbodoh dirinya sendiri,” (Al Baqoroh: 130).

    Adapun jika ada golongan sesat yang menggunakan nama Millah Ibrahim, maka hal itu tidak merubah kebenaran dari Millah Ibrahim.
    MI yang telah disebarkan kesesatannya itu setahu saya adalah MI dot net, bukan dot com atau dot wordpress.
    Penjelasan??? Semua makalah2 & artikel2 di blog ini sudah menjelaskan aqidah kami.

    Kalau anda punya niat ikhlas mencari kebenaran, maka baca dulu makalah2 di blog ini, cerna, pahami, kemudian amalkan. jika ada pertanyaan baru komentar.

    Semoga kita semua dijauhkan dari kebodohan dan memperbodohi diri sendiri.

  33. Layar says:

    Syukron atas jawabannya dari abuem4r, semoga Allah menambahkan sifat sabar pada diri kita semua…aamiin.

    1. Untuk jawaban no. 1 sudah saya temukan jawabannya di link yang antum berikan. Saya sudah pernah membaca sekilas di blog ini tetapi ketika mencari kembali agak sulit. Bertanya adalah obat kebodohan dan jalan cepat menemukan jawaban walaupun ada unsur malas mencari sendiri. :)

    2. Rukun Islam yang saya tahu ada 5, dan pernah saya membaca pendapat Syaikh Al Maududi menjadi 6, dengan Jihad adalah rukun ke-6

    3. Karena MI mengambil rujukan salah satunya dari Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab. Pasti ada penghambat dari Gerakan anti Wahabi, saya sendiri hanya mengambil dalilnya yang berasal dari Al Quran dan Sunnah yang diungkapkan Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab. Karena tidak ada manusia yang luput dari kesalahan kecuali Nabi SAW.

    4. Millah Ibrahim yang sesuai dengan Al Quran tidak diragukan lagi saya akan mengikutinya. Semoga tetap Lurus, seperti Salaf (yang murni) tidak menjadi Salafy Maz`um (yang sudah tercemar/ bengkok)

    5. Untuk Fitnah LDII, semoga nanti saya bisa menemukan jawabannya.

    Wassalam :)

  34. [...] thaghut itu? Apa kita sudah tahu apa thaghut, yang mana Allah Ta’ala memerintahkan kita untuk menjauhinya? Dimana keimanan kepada Allah tidak [...]

  35. [...] thaghut itu? Apa kita sudah tahu apa thaghut, yang mana Allah Ta’ala memerintahkan kita untuk menjauhinya? Dimana keimanan kepada Allah tidak [...]

  36. [...] Apa kita sudah tahu apa thaghut, yang mana AllahTa’ala memerintahkan kita untuk menjauhinya? Dimana keimanan kepada Allah tidak [...]

  37. [...] Apa kita sudah tahu apa thaghut, yang mana AllahTa’ala memerintahkan kita untuk menjauhinya? Dimana keimanan kepada Allah tidak [...]

  38. [...] thaghut itu? Apa kita sudah tahu apa thaghut, yang mana Allah Ta’ala memerintahkan kita untuk menjauhinya? Dimana keimanan kepada Allah tidak [...]

  39. JUNDI says:

    Assalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh…
    Afwan,akhi admin..ada yang mengatakan bahwa thoghut yang no 2 ( peguasa yang zholim yg merubah hukum allah )itu bukan teks dari syaikh muhammad ibnu abdul wahhab namun teks dari ustadz aman???, mohon penjelasannya akhi,kalau bisa penjelasan lansung dari ustadz aman.
    Barakallahu fie kum…

    ==============================

    Admin:

    Wa ‘alaykumussalam warahmatullah wabarakatuh…

    Sebagai penuntut ilmu, antum seharusnya malah balik bertanya kepada orang itu: “mana buktinya kalau itu hanya dari ustadz Aman?” Apakah dia bisa mendatangkan bukti tulisan asli dari Syaikh Muhammad ibnu Abdil Wahhab?
    Kalau dia berdusta dan menjawab: “Ya,” maka saya katakan memang benar teks: ‘penguasa yang zholim yg merubah hukum Allah’ itu bukan teks dari syaikh muhammad ibnu abdul wahhab namun teks dari ustadz aman (sebagai penerjemah). Karena asy syaikh rahimahulloh tidak bisa bahasa Indonesia.

  40. Osado says:

    Saya tidak mengingkari pembahasan kelima pemimpin thoghut itu, namun bagaimana mungkin ada salah 1 yg lebih berbahaya dibandingkan dengan yang lainnya tanpa membawakan dalil dari Al Qur’an dan As Sunnah ?

  41. [...] thaghut itu? Apa kita sudah tahu apa thaghut, yang mana Allah Ta’ala memerintahkan kita untuk menjauhinya? Dimana keimanan kepada Allah tidak [...]

  42. [...] thaghut itu? Apa kita sudah tahu apa thaghut, yang mana Allah Ta’ala memerintahkan kita untuk menjauhinya? Dimana keimanan kepada Allah tidak [...]

  43. [...] sebenarnya yang dikandung oleh Laa ilaaha illallaah dan bagaimana hukumnya berloyalitas terhadap thaghut. Semua ini harus [...]

  44. [...] Apa kita sudah tahu apa thaghut, yang mana Allah memerintahkan kita untuk menjauhinya? Dimana keimanan kepada Allah tidak akan [...]

  45. [...] thaghut itu? Apa kita sudah tahu apa thaghut, yang mana Allah Ta’ala memerintahkan kita untuk menjauhinya? Dimana keimanan kepada Allah tidak [...]

  46. semutpejuang says:

    Admin,apakah Thagut itu harus diperangi?atau cukup dijauhi??

    _______________________________________________

    Admin:

    Yang WAJIB adalah dikufuri dan dijauhi… deperangi adalah keutamaan yang WAJIB mempertimbangkan maslahat, mafsadat dan kemampuan…

    Barakallaahu Fiek

  47. [...] Apa kita sudah tahu apa thaghut, yang mana Allah memerintahkan kita untuk menjauhinya? Dimana keimanan kepada Allah tidak akan [...]

  48. [...] Apa kita sudah tahu apa thaghut, yang mana Allah memerintahkan kita untuk menjauhinya? Dimana keimanan kepada Allah tidak akan [...]

  49. [...] Apa kita sudah tahu apa thaghut, yang mana Allah memerintahkan kita untuk menjauhinya? Dimana keimanan kepada Allah tidak akan [...]

  50. Ashabul Haq says:

    Assalamu alikum wr. wb.
    Kenapa tidak semua materi yg ada bisa di download di hp/android.saya menyukai semua materi. Namun saya kesulitan kana tidak semua materi bisa di download di android. tolong minta solusinya?

  51. peter paker says:

    yg ga setujuh pemerintahan ni d sebut thaghut,
    duel aja ma gue ampe titik darah terakhir….. ok

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Millahibrahim Islamic Calendar Widget

Infaq


Bantulah Dakwah Tauhid Dengan Infaq Anda, Karena Selain Untuk Blog Ini, Infaq Anda Untuk Kebutuhan Dakwah Tauhid.

ad

Tulisan Terakhir

Statistik Kunjungan

  • 1,338,874 kunjungan
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 365 other followers

%d bloggers like this: